BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Permintaan dan penawaran terhadap kembang api pada tahun baru sudah menjadi tradisi di seluruh dunia khususnya di Garut. Permintaan dan Penawaran kembang api menjadikan situasi ekonomi Garut mengalami perguliran yang sangat pesat,hal itu terjadi karena hampir setiap orang membeli kembang api untuk merayakan tahun baru dan hampir setiap pedagang kebanjiran pembeli.
Permintaan dan penawaran terhadap kembang api pada tahun baru sudah menjadi tradisi di seluruh dunia khususnya di Garut. Permintaan dan Penawaran kembang api menjadikan situasi ekonomi Garut mengalami perguliran yang sangat pesat,hal itu terjadi karena hampir setiap orang membeli kembang api untuk merayakan tahun baru dan hampir setiap pedagang kebanjiran pembeli.
Dari peristiwa itu maka terjadilah suatu
siklus perguliran uang di Garut yang bermula dari Produsen→Distributor→Pedagang
Eceran→Konsumen→Produsen. Dan hal itu terjadi sesuai dengan Teori Keynes bahwa
permintaan kembang api di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :
Ø Adanya Transaksi
Ø Berjaga jaga
Ø Spekulasi
Adapun alasan penulis mengambil judul ini karena penulis ingin mengetahui bagaimana prilaku penjual dan pembeli saat tahun baru terhadap penjualan dan pembelian kembang api (interaksi penjual dan pembeli di pasar) serta seberapa penting kembang api bagi konsumen juga produsen dalam merayakan tahun baru sehingga permintaan dan penawaraan kembang api mengalami kenaikan pesat,padahal kembang api tidak merupakan kebutuhan pokok.
Ø Adanya Transaksi
Ø Berjaga jaga
Ø Spekulasi
Adapun alasan penulis mengambil judul ini karena penulis ingin mengetahui bagaimana prilaku penjual dan pembeli saat tahun baru terhadap penjualan dan pembelian kembang api (interaksi penjual dan pembeli di pasar) serta seberapa penting kembang api bagi konsumen juga produsen dalam merayakan tahun baru sehingga permintaan dan penawaraan kembang api mengalami kenaikan pesat,padahal kembang api tidak merupakan kebutuhan pokok.
B. TUJUAN PENULISAN
Menjelaskan Permintaan dan Penawaran Kembang Api
Menjelaskan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Kembang Api
Menjelaskan Pengaruh Tahun Baru terhadap Permintaan dan Penawaran Kembang Api
Menjelaskan Dampak Positif dan Negatif Pesta Kembang Api Pada Tahun Baru
Menjelaskan Permintaan dan Penawaran Kembang Api
Menjelaskan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Kembang Api
Menjelaskan Pengaruh Tahun Baru terhadap Permintaan dan Penawaran Kembang Api
Menjelaskan Dampak Positif dan Negatif Pesta Kembang Api Pada Tahun Baru
C. METODOLOGI PENELITIAN
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah survai deskriptif,yang di dasarkan pada pertimbangan bahwa penelitian ini penulis akan lakukan untuk mempelajari,mengungkapkan dan mencari data tentang kenyataan yang ada saat penulis melakukan penelitian.
Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :
1. Observasi,mengadakan pengamatan langsung ke dunia pasar meski saat itu permintaan dan penawaran kembang api sudah lewat,karena tahun baru sudah terjadi beberapa minggu yang lalu,Namun begitu penulis bisa bertanya pada pedagang kaki lima tentang keadaan pasar ketika tahun baru lalu.
2. Wawancara,dilakukan dengan informan yaitu salah satu pedagang di Jln.A.Yani , dan kepada masyarakat.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah survai deskriptif,yang di dasarkan pada pertimbangan bahwa penelitian ini penulis akan lakukan untuk mempelajari,mengungkapkan dan mencari data tentang kenyataan yang ada saat penulis melakukan penelitian.
Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :
1. Observasi,mengadakan pengamatan langsung ke dunia pasar meski saat itu permintaan dan penawaran kembang api sudah lewat,karena tahun baru sudah terjadi beberapa minggu yang lalu,Namun begitu penulis bisa bertanya pada pedagang kaki lima tentang keadaan pasar ketika tahun baru lalu.
2. Wawancara,dilakukan dengan informan yaitu salah satu pedagang di Jln.A.Yani , dan kepada masyarakat.
BAB
II
LANDASAN TEORI
LANDASAN TEORI
A.DEFINISI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Permintaan (Demand)
Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Permintaan (Demand)
Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Penawaran(Supply)
Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
Keinginan para penjual dalam menawarkan
barangnya pada berbagai tingkat harga. Model ini sangat penting untuk melakukan
analisis ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, serta
interaksi meraka di pasar. Ia juga di jadikan tolak ukur dari berbagai model
dan teori lainya. Teori ini memperkirakan bahwa dalam satu pasar yang
kompetitif, harga akan menjadi penyeimbang di pasaran antara kualitas yang di
minta oleh konsumen dan kualitas yang di tawarakan produsen. Hingga akan
terciptalah keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang tersebut. Model
ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah
keseimbangan,yang kemudian akan di tampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran
dari permintaan atau penawaran.
Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan
bahwa permintaan merupakan sejumlah barang yang di beli atau diminta pada suatu
harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang
yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
B.HUKUM PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.”
Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.”
Jika semua subsidi diabaikan ( ceteris
paribus ) jika harga semakin murah maka permintaan atau pembelian akan semakin
banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin murah maka penawaran semakin sedikit
dan sebaliknya.
Akibat dari itu semua ingin mencari kepuasan
( keuntungan ) yang sebesar besarnya. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli
akan membeli sedikit karna uang yang dimilki terbatas, namun bagi penjual
dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau di
produksi agar keuntungan yang di dapat semakin besar. Harga barang yang tinggi
juga bisa menyebabkan konsumen mencari produk lain sebagai pengganti barang
yang harganya mahal.
C. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT
PERMINTAAN
“Ketika kita berbicara tentang permintaan,” tulis Robert Heilbroner dan Lester Thurow Ekonomi Dijelaskan, “kebanyakan orang berpikir kata itu hanya berarti volume tertentu pengeluaran, seperti ketika kita mengatakan bahwa permintaan untuk mobil telah jatuh mati atau permintaan untuk emas tinggi. Tapi bukan itu yang ekonom ada dalam pikiran ketika ia mendefinisikan kebutuhan sebagai bagian dari penjelasannya pasar. Permintaan berarti tidak hanya berapa banyak kita belanja untuk item tertentu, tapi berapa banyak kita belanja untuk item bahwa pada harga , dan berapa banyak kita akan menghabiskan jika harga berubah. ”
1. Perilaku konsumen atau selera konsumen.
2. Pendapatan atau penghasilan konsumen.
3. Perkiraan harga barang.
4. Banyaknya permintaan konsumen
“Ketika kita berbicara tentang permintaan,” tulis Robert Heilbroner dan Lester Thurow Ekonomi Dijelaskan, “kebanyakan orang berpikir kata itu hanya berarti volume tertentu pengeluaran, seperti ketika kita mengatakan bahwa permintaan untuk mobil telah jatuh mati atau permintaan untuk emas tinggi. Tapi bukan itu yang ekonom ada dalam pikiran ketika ia mendefinisikan kebutuhan sebagai bagian dari penjelasannya pasar. Permintaan berarti tidak hanya berapa banyak kita belanja untuk item tertentu, tapi berapa banyak kita belanja untuk item bahwa pada harga , dan berapa banyak kita akan menghabiskan jika harga berubah. ”
1. Perilaku konsumen atau selera konsumen.
2. Pendapatan atau penghasilan konsumen.
3. Perkiraan harga barang.
4. Banyaknya permintaan konsumen
D. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT
PENAWARAN
1. Biaya produksi dan kreativitas yang digunakan.
2. Tujuan perusahaan.
3. Tujuan pemasaran.
4. Ketersedian bahan baku.
5. Prediksi atau perkiraan harga barang di pasaran
1. Biaya produksi dan kreativitas yang digunakan.
2. Tujuan perusahaan.
3. Tujuan pemasaran.
4. Ketersedian bahan baku.
5. Prediksi atau perkiraan harga barang di pasaran
E. KURVA PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Model permintaan dan penawaran menjelaskan bagaimana harga beragam sebagai hasil dari keseimbangan antara ketersediaan produk pada tiap harga (penawaran) dengan kebijakan distribusi dan keinginan dari mereka dengan kekuatan pembelian pada tiap harga (permintaan). Grafik ini memperlihatkan sebuah pergeseran ke kanan dalam permintaan dari D1 ke D2 bersama dengan peningkatan harga dan jumlah yang diperlukan untuk mencapai sebuah titik keseimbangan (equibilirium) dalam kurva penawaran (S).
Model permintaan dan penawaran menjelaskan bagaimana harga beragam sebagai hasil dari keseimbangan antara ketersediaan produk pada tiap harga (penawaran) dengan kebijakan distribusi dan keinginan dari mereka dengan kekuatan pembelian pada tiap harga (permintaan). Grafik ini memperlihatkan sebuah pergeseran ke kanan dalam permintaan dari D1 ke D2 bersama dengan peningkatan harga dan jumlah yang diperlukan untuk mencapai sebuah titik keseimbangan (equibilirium) dalam kurva penawaran (S).
BAB
III
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A.PERMINTAAN DAN PENAWARAN KEMBANG API
Seperti tahun-tahun baru sebelumya, Tahun 2011 diwarnai dengan kegiatan yang dikenal dengan Malam Pergantian tahun . Menyambut pergantian tahun baru dengan tanpa mengadakan perayaan malam tahun baru rasanya tidak sempurna.
Seperti tahun-tahun baru sebelumya, Tahun 2011 diwarnai dengan kegiatan yang dikenal dengan Malam Pergantian tahun . Menyambut pergantian tahun baru dengan tanpa mengadakan perayaan malam tahun baru rasanya tidak sempurna.
Di malam tahun baru orang –orang cenderung
mengadakan perayaan seperti mengadakan konvoi-konvoi, pesta musik, arek-arek
dan lain-lain. Namun mengadakan perayaan pergantian tahun baru akan terasa
kurang jika tidak ada kemeriahan kembang api.
Hal tersebut merupakan salah satu faktor
yang menyebabkan permintaan konsumen meningkat drastis terhadap kembang
api.Tetapi hal itu tergantung pada prilaku,perkiraan harga dan penghasilan
konsumen,karena keinginan dan kemampuan tiap konsumen berbeda,Namun meskipun
begitu permintaan kembang api pada tahun baru sangat meningkat.Permintaan yang
tinggi dari konsumen menyebabkan terjadinya peningkatan harga,sehingga produsen
lebih banyak lagi menawarkan kembang api pada berbagai tingkat harga. Model ini
sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku para
pembeli dan penjual, serta interaksi mereka di pasar. Ia juga di jadikan tolak
ukur dari berbagai model dan teori lainya. Teori ini memperkirakan bahwa dalam
satu pasar yang kompetitif, harga akan menjadi penyeimbang di pasaran antara
kualitas yang di minta oleh konsumen dan kualitas yang di tawarakan produsen .
Hingga akan terciptalah keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang
tersebut. Harga keseimbangan kembang api terbentuk karena bertemunya permintaan
dan penawaran pada suatu titik yang disebut titik equilibrium,namun sebelum
terbentuknya harga keseimbangan tersebut,pasar mengalami kelebihan permintaan
kembang api dan kelebihan penawaran kembang api.Harga keseimbangan atau disebut
juga harga pasar adalah harga yang terbentuk pada tingkat dimana jumlah yang
diinginkan penjual maupun pembeli adalah sama.Model ini mengakomodasi
kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,yang kemudian
akan di tampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau
penawaran.
Dari peristiwa di atas selain keinginan
konsumen terpenuhi sehingga menimbulkan kepuasan tersendiri bagi
konsumen,produsen kembang api-pun juga dalam pertumbuhan ekonominya akan
mengalami peningkatan,dan hal itu sesuai dengan Ahli Ekonomi yaitu Adam Smith
yang menyebutkan bahwa ada 3 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu
:
Ø Jumlah Penduduk
(Semakin banyak jumlah penduduk suatu negara membeli kembang api,maka semakin meningkat pertumbuhan ekonomi produsen kembang api.)
Ø Sistem Persaingan Bebas
(Persaingan bebas disini dalam arti antar produsen kembang api sportif dalam menjalankan usahanya,tidak ada kecurangan dalam berbagai asfeknya maka pertumbuhan ekonomi antar produsen kembang api akan mengalami peningkatan)
Ø Pertumbuhan Penduduk
(Semakin meningkat pertumbuhan penduduk suatu negara,maka dalam pergantian tahun baru tidak menutup kemungkinan semakin banyak pula penduduk yang membeli kembang api dan hal itu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi produsen kembang api).
Ø Jumlah Penduduk
(Semakin banyak jumlah penduduk suatu negara membeli kembang api,maka semakin meningkat pertumbuhan ekonomi produsen kembang api.)
Ø Sistem Persaingan Bebas
(Persaingan bebas disini dalam arti antar produsen kembang api sportif dalam menjalankan usahanya,tidak ada kecurangan dalam berbagai asfeknya maka pertumbuhan ekonomi antar produsen kembang api akan mengalami peningkatan)
Ø Pertumbuhan Penduduk
(Semakin meningkat pertumbuhan penduduk suatu negara,maka dalam pergantian tahun baru tidak menutup kemungkinan semakin banyak pula penduduk yang membeli kembang api dan hal itu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi produsen kembang api).
B. FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PERMINTAAN DAN PENAWARAN KEMBANG API.
Menurut Robert Heilbroner dan Lester Thurow Pakar Ekonomi ketika berbicara tentang permintaan dijelaskan : “kebanyakan orang berpikir dan berkata itu hanya berarti volume tertentu terhadap pengeluaran, seperti ketika kita mengatakan bahwa permintaan untuk mobil telah jatuh mati atau permintaan untuk emas tinggi. Tapi bukan itu yang ekonom,ada dalam pikiran ketika ia mendefinisikan kebutuhan sebagai bagian dari penjelasannya pasar. Permintaan berarti tidak hanya ada pada berapa banyak kita belanja untuk item tertentu, tapi berapa banyak kita belanja untuk item pada harga , dan berapa banyak kita akan menghabiskan jika harga berubah. ”
Dari pernyataan di atas maka di dapatlah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran pada kembang api.Adapun Faktor yang mempengaruhi permintaan pada kembang api yaitu :
Menurut Robert Heilbroner dan Lester Thurow Pakar Ekonomi ketika berbicara tentang permintaan dijelaskan : “kebanyakan orang berpikir dan berkata itu hanya berarti volume tertentu terhadap pengeluaran, seperti ketika kita mengatakan bahwa permintaan untuk mobil telah jatuh mati atau permintaan untuk emas tinggi. Tapi bukan itu yang ekonom,ada dalam pikiran ketika ia mendefinisikan kebutuhan sebagai bagian dari penjelasannya pasar. Permintaan berarti tidak hanya ada pada berapa banyak kita belanja untuk item tertentu, tapi berapa banyak kita belanja untuk item pada harga , dan berapa banyak kita akan menghabiskan jika harga berubah. ”
Dari pernyataan di atas maka di dapatlah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran pada kembang api.Adapun Faktor yang mempengaruhi permintaan pada kembang api yaitu :
1. Perilaku konsumen atau selera konsumen.
Berdasarkan penelitian dan hasil wawancara kepada masyarakat,menyambut pergantian tahun baru dengan tanpa mengadakan perayaan malam tahun baru rasanya tidak sempurna dan akan terasa kurang jika tidak ada kemeriahan kembang api. Sehingga permintaan kembang api meningkat saat tahun baru dan penawaran produsen-pun meningkat..
Namun ada juga masyarakat yang menyebutkan perayaan tahun baru tidak perlu berlebihan yang hanya menghambur-hamburkan uang,cukup kita melakukan sujud syukur kepada Alloh SWT yang masih memberikan kesempatan untuk merasakan tahun baru.
Dari kedua pernyataan di atas dapat di ambil bahwa permintaan dan penawaran kembang api bergantung pada prilaku dan slera konsumen itu benar adanya.
Berdasarkan penelitian dan hasil wawancara kepada masyarakat,menyambut pergantian tahun baru dengan tanpa mengadakan perayaan malam tahun baru rasanya tidak sempurna dan akan terasa kurang jika tidak ada kemeriahan kembang api. Sehingga permintaan kembang api meningkat saat tahun baru dan penawaran produsen-pun meningkat..
Namun ada juga masyarakat yang menyebutkan perayaan tahun baru tidak perlu berlebihan yang hanya menghambur-hamburkan uang,cukup kita melakukan sujud syukur kepada Alloh SWT yang masih memberikan kesempatan untuk merasakan tahun baru.
Dari kedua pernyataan di atas dapat di ambil bahwa permintaan dan penawaran kembang api bergantung pada prilaku dan slera konsumen itu benar adanya.
2. Pendapatan atau penghasilan konsumen.
Banyak orang yang dapat merayakan tahun baru,namun banyak juga orang yang tidak dapat merayakan tahun baru dengan pesta kembang api.Dan hal itu terbatas karena pendapatan/penghasilan seseorang.Dengan begitu permintaan dan penawaran kembang api pada tahun baru tergantung dari penghasilan konsumen.
Banyak orang yang dapat merayakan tahun baru,namun banyak juga orang yang tidak dapat merayakan tahun baru dengan pesta kembang api.Dan hal itu terbatas karena pendapatan/penghasilan seseorang.Dengan begitu permintaan dan penawaran kembang api pada tahun baru tergantung dari penghasilan konsumen.
3. Perkiraan harga barang.
Semakin murah dan bagus kualitas kembang api maka semakin banyak permintaan terhadap kembang api,jika harganya sebaliknya karena mau bagaimanapun juga karena kebutuhan dan karena ada perasaan ada yang kurang merayakan tahun baru tanpa kembang api,menuntut konsumen memaksakan diri membeli kembang api,tetapi disini mungkin yang di batasi adalah jumlah pembeliannya.Untuk mencari titik tengah masalah tersebut sehingga timbullah harga keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang yang di sebut harga pasar.Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,yang kemudian akan di tampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
Semakin murah dan bagus kualitas kembang api maka semakin banyak permintaan terhadap kembang api,jika harganya sebaliknya karena mau bagaimanapun juga karena kebutuhan dan karena ada perasaan ada yang kurang merayakan tahun baru tanpa kembang api,menuntut konsumen memaksakan diri membeli kembang api,tetapi disini mungkin yang di batasi adalah jumlah pembeliannya.Untuk mencari titik tengah masalah tersebut sehingga timbullah harga keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang yang di sebut harga pasar.Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,yang kemudian akan di tampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
4. Banyaknya permintaan konsumen
Banyaknya permintaan maka produsen akan lebih banyak lagi memproduksi kembang api dan disini mungkin ke dua-duanya sama-sama di untungkan,Konsumen akan memiliki rasa kepuasan tersendiri dengan dapat membelinya kembang api dan dapat merayakan tahun baru yang hanya datang satu tahun sekali,dan Produsen juga akan di untungkan karena omsetnya mengalami kenaikan.
Banyaknya permintaan maka produsen akan lebih banyak lagi memproduksi kembang api dan disini mungkin ke dua-duanya sama-sama di untungkan,Konsumen akan memiliki rasa kepuasan tersendiri dengan dapat membelinya kembang api dan dapat merayakan tahun baru yang hanya datang satu tahun sekali,dan Produsen juga akan di untungkan karena omsetnya mengalami kenaikan.
Sedangkan Faktor yang mempengaruhi penawaran
kembang api yaitu :
1. Biaya produksi dan kreativitas yang digunakan.
Produsen akan meningkatkan penawarannya jika biaya produksi bersahabat dengan produsen,juga kreativitas yang digunakannya bagus sehingga dapat memicu konsumen untuk membelinya.Tetapi sebaliknya jika Biaya Produksi tidak bersahabat dengan produsen,Namun karena bagaimanapun kembang api akan di cari konsumen untuk merayakan tahun baru maka produsen disini akan tetap memproduksi tetapi akan menaikan harganya berkali lipat,selain kembang api di cari oleh semua orang,melainkan karena biaya produksinyapun naik.
1. Biaya produksi dan kreativitas yang digunakan.
Produsen akan meningkatkan penawarannya jika biaya produksi bersahabat dengan produsen,juga kreativitas yang digunakannya bagus sehingga dapat memicu konsumen untuk membelinya.Tetapi sebaliknya jika Biaya Produksi tidak bersahabat dengan produsen,Namun karena bagaimanapun kembang api akan di cari konsumen untuk merayakan tahun baru maka produsen disini akan tetap memproduksi tetapi akan menaikan harganya berkali lipat,selain kembang api di cari oleh semua orang,melainkan karena biaya produksinyapun naik.
2. Tujuan perusahaan.
Perusahan kembang api pasti semuanya mempunyai tujuan tersendiri yang tujuan akhirnya sama,Tetapi disini sukses tidaknya suatu perusahaan kembang api bergantung pada nilai nilai moral yang di tanamkan oleh perusahaan sehingga konsumen-pun terpicu untuk membelinya.
Perusahan kembang api pasti semuanya mempunyai tujuan tersendiri yang tujuan akhirnya sama,Tetapi disini sukses tidaknya suatu perusahaan kembang api bergantung pada nilai nilai moral yang di tanamkan oleh perusahaan sehingga konsumen-pun terpicu untuk membelinya.
3. Tujuan pemasaran.
Suksesnya suatu perusahaan kembang api bergantung pada tujuan pemasarannya,Jika tujuan pemasarannya bagus maka penjualannyapun akan bagus terhadap konsumen.Dan konsumen tidak akan membatasi permintaanya terhadap kembang api karena pemasaran kembang api yang tidak sulit di cari melainkan sudah di pasarkan dimana mana.
Suksesnya suatu perusahaan kembang api bergantung pada tujuan pemasarannya,Jika tujuan pemasarannya bagus maka penjualannyapun akan bagus terhadap konsumen.Dan konsumen tidak akan membatasi permintaanya terhadap kembang api karena pemasaran kembang api yang tidak sulit di cari melainkan sudah di pasarkan dimana mana.
4. Ketersedian bahan baku.
Jika ketersediaan bahan baku terjangkau dan mudah di cari maka produsen akan meningkatkan produksi kembang api dan begitupun sebaliknya,Sehingga konsumen dapat membeli kembang api,
Jika ketersediaan bahan baku terjangkau dan mudah di cari maka produsen akan meningkatkan produksi kembang api dan begitupun sebaliknya,Sehingga konsumen dapat membeli kembang api,
5. Prediksi atau perkiraan harga barang di
pasaran
Karena Kembang api merupakan barang yang di cari musiman/setahun sekali yaitu saat tahun baru,maka disini produsen akan meningkatkan penawarannya jika tahun baru,hal itu juga akan di lakukan jika harga mahal,bagaimanapun konsumen akan membelinya. Sedangkan tidak hanya tahun baru saja produsen tetap memproduksi kembang api sebab kembang api biasanya menjadi highlight atau klimaks penutup suatu acara pembukaan festival dan disini harga kembang api akan mahal,selain itu juga kembang api bukan makanan yang apabila dalam jangka waktu dekat tidak terjual akan basi,melainkan kembang api merupakan barang awet.
Karena Kembang api merupakan barang yang di cari musiman/setahun sekali yaitu saat tahun baru,maka disini produsen akan meningkatkan penawarannya jika tahun baru,hal itu juga akan di lakukan jika harga mahal,bagaimanapun konsumen akan membelinya. Sedangkan tidak hanya tahun baru saja produsen tetap memproduksi kembang api sebab kembang api biasanya menjadi highlight atau klimaks penutup suatu acara pembukaan festival dan disini harga kembang api akan mahal,selain itu juga kembang api bukan makanan yang apabila dalam jangka waktu dekat tidak terjual akan basi,melainkan kembang api merupakan barang awet.
C.PENGARUH TAHUN BARU TERHADAP PERMINTAAN
DAN PENAWARAN KEMBANG API.
Pengaruh tahun baru terhadap permintaan dan penawaran kembang api yaitu pertama pada permintaan,disini permintaaan konsumen terhadap kembang api akan semakin meledak,karena konsumen ketika itu akan menjadikan kembang api suatu kebutuhan untuk melengkapi merayakan tahun baru,konsumen tidak akan memperdulikan berapa besar harga kembang api karena mereka akan mengeluarkan uang berapa saja untuk merayakan pesta kembang api,dan hal ini biasanya terjadi pada kalangan atas,karena setelah melakukan penelitian,banyak masyarakat yang mengatakan bahwa merayakan tahun baru tanpa pesta kembang api itu akan terasa kurang dan hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permintaan konsumen meningkat drastis terhadap kembang api.Tetapi hal itu tergantung pada prilaku,perkiraan harga dan penghasilan konsumen,karena keinginan dan kemampuan tiap konsumen berbeda,Namun meskipun begitu permintaan kembang api pada tahun baru sangat meningkat.
Pengaruh tahun baru terhadap permintaan dan penawaran kembang api yaitu pertama pada permintaan,disini permintaaan konsumen terhadap kembang api akan semakin meledak,karena konsumen ketika itu akan menjadikan kembang api suatu kebutuhan untuk melengkapi merayakan tahun baru,konsumen tidak akan memperdulikan berapa besar harga kembang api karena mereka akan mengeluarkan uang berapa saja untuk merayakan pesta kembang api,dan hal ini biasanya terjadi pada kalangan atas,karena setelah melakukan penelitian,banyak masyarakat yang mengatakan bahwa merayakan tahun baru tanpa pesta kembang api itu akan terasa kurang dan hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permintaan konsumen meningkat drastis terhadap kembang api.Tetapi hal itu tergantung pada prilaku,perkiraan harga dan penghasilan konsumen,karena keinginan dan kemampuan tiap konsumen berbeda,Namun meskipun begitu permintaan kembang api pada tahun baru sangat meningkat.
Kedua pengaruh tahun baru terhadap
penawaran,karena permintaan yang tinggi dari konsumen menyebabkan terjadinya
peningkatan harga,sehingga produsen lebih banyak lagi menawarkan kembang api
pada berbagai tingkat harga,dan Model ini sangat penting untuk melakukan
analisis ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, serta
interaksi mereka di pasar. Ia juga di jadikan tolak ukur dari berbagai model
dan teori lainya. Teori ini memperkirakan bahwa dalam satu pasar yang
kompetitif, harga akan menjadi penyeimbang di pasaran antara kualitas yang di
minta oleh konsumen dan kualitas yang di tawarakan produsen . Hingga akan
terciptalah keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang tersebut. Harga
keseimbangan kembang api terbentuk karena bertemunya permintaan dan penawaran
pada suatu titik yang disebut titik equilibrium,namun sebelum terbentuknya
harga keseimbangan tersebut,pasar mengalami kelebihan permintaan kembang api
dan kelebihan penawaran kembang api.Harga keseimbangan atau disebut juga harga
pasar adalah harga yang terbentuk pada tingkat dimana jumlah yang diinginkan
penjual maupun pembeli adalah sama.Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya
faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,yang kemudian akan di tampilkan
dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
D.DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF ADANYA PESTA
KEMBANG API PADA TAHUN BARU.
Dampak positif adanya pesta kembang api pada tahun baru yaitu :
-Bagi produsen : Dapat menghasilkan keuntungan yang lebih dengan penjualan yang meningkat dari hari-hari biasanya,karena dengan adanya perayaan tahun baru permintaan kembang api meningkat sehingga produsen menawarkan kembang api lebih meningkat lagi.
-Bagi konsumen : Dengan dapat merayakan tahun baru sehingga menimbulkan kepuasan dan kegembiraan tersendiri bagi konsumen,yang dimana kepuasan dan kegembiraan itu tidak terbayarkan oleh uang.
Dampak positif adanya pesta kembang api pada tahun baru yaitu :
-Bagi produsen : Dapat menghasilkan keuntungan yang lebih dengan penjualan yang meningkat dari hari-hari biasanya,karena dengan adanya perayaan tahun baru permintaan kembang api meningkat sehingga produsen menawarkan kembang api lebih meningkat lagi.
-Bagi konsumen : Dengan dapat merayakan tahun baru sehingga menimbulkan kepuasan dan kegembiraan tersendiri bagi konsumen,yang dimana kepuasan dan kegembiraan itu tidak terbayarkan oleh uang.
Dampak negatif adanya pesta kembang api pada
tahun baru yaitu dengan di lihat dari beberapa segi diantaranya :
Segi Ekonomi
Pengaruh negatif dari pesta kembang api pada tahun baru yaitu konsumen cenderung boros untuk mendapatkan kembang api rela mengeluarkan ratusan ribu bahkan puluhan juta ,itu secara tidak langsung akan banyak uang yang terbakar karena hanya atas nama perayaan pergantian tahun baru.
Segi Agama
Pesta kembang api perayaan tahun baru merupakan pemborosan dan berlebihan.Hadist mengadakan “Sesunguhnya pemborosan-pemborosan itu adalah saudara syetan “. Seharusnya malam tahun baru di jadikan sebagai perenungan dan doa kepada Alloh swt agar menjadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya dan di lanjutkan membaca Al-Quran dan solat tahajud,bukannya bersuka ria. Dan yang lebih prihatin,dalam berita Liputan 6 SCTV mengatakan di Amerika banyak di temukan ribuan burung bergeletakan mati dimana-mana,dan hal itu menimbulkan dua asumsi,yang pertama itu terjadi akibat dari malam tahun baru,berpesta kembang api berlebihan sehingga memicu satwa dari langit mati,sedangkan asumsi lain menyebutkan matinya ribuan burung di Amerika setelah tahun baru itu bahwa hal itu pertanda mendekati akhir jaman. Oleh karena itu,Ingar-bingar pesta kembang api yang menandai perayaan penyambutan datangnya tahun baru merupakan sebuah tradisi yang perlu dikontrol demi keamanan dan mencegah pemborosan,karena harga kembang api dan sumbu ledak tidaklah murah.
Segi sosial
Dengan adanya perayaan pesta kembang api yang berlebihan hal itu akan memicu pertengkaran,keributan serta tempat-tempat umum yang di jadikan tempat perayaan akan menjadi kotor serta banyaknya berserakan sampah.
Segi Ekonomi
Pengaruh negatif dari pesta kembang api pada tahun baru yaitu konsumen cenderung boros untuk mendapatkan kembang api rela mengeluarkan ratusan ribu bahkan puluhan juta ,itu secara tidak langsung akan banyak uang yang terbakar karena hanya atas nama perayaan pergantian tahun baru.
Segi Agama
Pesta kembang api perayaan tahun baru merupakan pemborosan dan berlebihan.Hadist mengadakan “Sesunguhnya pemborosan-pemborosan itu adalah saudara syetan “. Seharusnya malam tahun baru di jadikan sebagai perenungan dan doa kepada Alloh swt agar menjadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya dan di lanjutkan membaca Al-Quran dan solat tahajud,bukannya bersuka ria. Dan yang lebih prihatin,dalam berita Liputan 6 SCTV mengatakan di Amerika banyak di temukan ribuan burung bergeletakan mati dimana-mana,dan hal itu menimbulkan dua asumsi,yang pertama itu terjadi akibat dari malam tahun baru,berpesta kembang api berlebihan sehingga memicu satwa dari langit mati,sedangkan asumsi lain menyebutkan matinya ribuan burung di Amerika setelah tahun baru itu bahwa hal itu pertanda mendekati akhir jaman. Oleh karena itu,Ingar-bingar pesta kembang api yang menandai perayaan penyambutan datangnya tahun baru merupakan sebuah tradisi yang perlu dikontrol demi keamanan dan mencegah pemborosan,karena harga kembang api dan sumbu ledak tidaklah murah.
Segi sosial
Dengan adanya perayaan pesta kembang api yang berlebihan hal itu akan memicu pertengkaran,keributan serta tempat-tempat umum yang di jadikan tempat perayaan akan menjadi kotor serta banyaknya berserakan sampah.
BAB
IV
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN DAN SARAN
A.KESIMPULAN
Untuk merayakan tahun baru orang –orang cenderung mengadakan perayaan seperti mengadakan konvoi-konvoi, pesta musik, arek-arek dan lain-lain.Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permintaan konsumen meningkat terhadap kembang api sehingga produsen akan lebih banyak lagi menawarkan kembang api pada berbagai tingkat harga.Dan hal itu menandakan bahwa pengaruh tahun baru pada permintaan dan penawaran kembang api menjadi meningkat drastis dari biasanya,karena semua itu timbullah danpak positif dan negatif bagi konsumen.
Untuk merayakan tahun baru orang –orang cenderung mengadakan perayaan seperti mengadakan konvoi-konvoi, pesta musik, arek-arek dan lain-lain.Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permintaan konsumen meningkat terhadap kembang api sehingga produsen akan lebih banyak lagi menawarkan kembang api pada berbagai tingkat harga.Dan hal itu menandakan bahwa pengaruh tahun baru pada permintaan dan penawaran kembang api menjadi meningkat drastis dari biasanya,karena semua itu timbullah danpak positif dan negatif bagi konsumen.
B.SARAN
Dengan adanya perayaan tahun baru mungkin hal itu sah-sah saja selama dalam tindakan positif dan tidak menentang aturan yang ada, Namun masyarakat jangan terlalu berlebihan dalam merayakan tahun baru,karena perayaan yang berlebihan menghasilkan danpak yang negatif bagi masyarakat itu sendiri. Dan Pemerintah perlu mengontrol serta turun tangan dalam perayaan tahun baru agar terjadi dengan sewajarnya dan tidak berlebihan sehingga tidak menganggu ketenangan masyarakat dan tetap tertib.
Dengan adanya perayaan tahun baru mungkin hal itu sah-sah saja selama dalam tindakan positif dan tidak menentang aturan yang ada, Namun masyarakat jangan terlalu berlebihan dalam merayakan tahun baru,karena perayaan yang berlebihan menghasilkan danpak yang negatif bagi masyarakat itu sendiri. Dan Pemerintah perlu mengontrol serta turun tangan dalam perayaan tahun baru agar terjadi dengan sewajarnya dan tidak berlebihan sehingga tidak menganggu ketenangan masyarakat dan tetap tertib.
No comments:
Post a Comment