RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ........................
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1
jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1.
Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi
Tujuan : Siswa
dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
karakteristik Biologi sebagai ilmu
·
Menyimpulkan
ciri-ciri makhluk hidup
II.
Materi Ajar
·
Pengertian Biologi sebagai ilmu
·
Ciri-ciri makhluk hidup
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan-diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
ciri-ciri makhluk hidup.
|
·
Menemukan
gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
|
·
Siswa
Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru menanyakan
kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
·
Siswa
diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B. Kegiatan inti (30 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat/Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IA, Esis
·
Buku
Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·
Berbagai
makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah
VI.
Penilaian
·
Uji
kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
............................................. ............................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 2 - 3
Alokasi Waktu : 3
jam pelajaran
Standar Kompetensi :
1.
Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar :1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan
biologi pada berbagai tingkat organisasi
kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan
bioma
Tujuan : Siswa
dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi ilmu biologi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menarik
kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
·
Menggambar
model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat
organisasi kehidupan
·
Menentukan
objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu
biologi
·
Membuat
makalah tentang struktur keilmuan,
perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi
II. Materi Ajar
·
Tiga
aspek keilmuan biologi meliputi:
1.
Objek
2.
Permasalahan
3.
Tingkat organisasi
·
Cabang-cabang
ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan
– Diskusi–Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengumpulkan
informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang
biologi
·
Membuat
makalah
|
·
Tugas
mengumpulkan informasi dan membuat
makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya
|
·
Siswa
Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada
beberapa cabang ilmu biologi.
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
·
Siswa
mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan
pada objek biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek,
tingkat organisasi, dan permasalahan biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur
keilmuaannya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 3 (1 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa
cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B.
Kegiatan
inti (25 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan
prospeknya di masa depan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang satu cabang ilmu biologi,
perkembangan, dan prospeknya di masa depan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IA, Esis
·
Buku
Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·
Informasi
tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran,
majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
VI.
Penilaian
·
Uji
kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
·
Hasil
makalah tentang cabang ilmu biologi
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
No comments:
Post a Comment