RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami
manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem,
melalui kegiatan pengamatan
Tujuan : Siswa mampu menentukan tingkat
keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengamati
adanya gejala keanekaragaman hayati
·
Menyimpulkan
pengertian keanekaragaman hayati
II.
Materi Ajar
·
Keanekaragaman
hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
gejala keanekaragaman
·
Mencatat
ciri-ciri hasil pengamatan
·
Menyimpulkan
tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan
|
·
Mengamati
keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan
·
Diskusi
mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati
·
Diskusi
mendeskripsikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem
|
·
Siswa
dapat Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
·
Menyimpulkan
pengertian keanekaragaman hayati
·
Menentukan
tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan
sekitar.
·
Guru
membagi siswa menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan
7.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengamati keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan
tingkat-tingkat keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil kerja siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku kerja Biologi 1A, Esis
·
Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
·
Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar
sekolah
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami
manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati
Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan : Siswa
dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menggambar
pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·
Mendiskripsikan
pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·
Mendeskripsikan
berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
·
Memberikan
alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
·
Membedakan
pelestarian In situ dan ex situ.
II. Materi Ajar
·
Pembagian daerah flora Indonesia
menurut Dr. Sampurna Kadarsan
·
Pembagian daerah fauna Indonesia
menurut Wallace dan Weber
·
Berbagai
tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
·
Berbagai
manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
·
Konservasi
(perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
III. Metode Pembelajaran
·
Diskusi
– Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Membaca
peta tipe keanekaragaman flora
·
Membaca
peta tipe keanekaragaman fauna
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri bioma yang ada di Indonesia
·
Mengumpulkan
informasi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia
·
Mengumpulkan
informasi berbagai jenis flora dan fauna Indonesia yang terancam kepunahan
dan dilindungi
·
Mengumpulkan
informasi berbagai cara konservasi untuk melindungi flora dan fauna dari
kepunahan.
|
·
Diskusi
pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia
·
Diskusi
tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia
·
Diskusi
arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia
·
Mengumpulkan
informasi tentang tanaman yang berkhasiat obat dan mengoleksi tanamannya
·
Tugas
membuat kliping tentang organisme khas daerah
|
·
Siswa
dapat Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia
·
Siswa
dapat Memberikan alasan arti penting keanekaragaman hayati perlu dilstarikan
·
Siswa
dapat Membedakan pelestarian in-situ
dan e-ksitu
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat
keanekaragaman hayati.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan
Wallace. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman
hayati. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah
dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran
berikutnya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
I.
Alat/ Bahan/ Sumber
a.
Buku kerja Biologi 1A, Esis
b.
Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c.
Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas
suatu daerah
II.
Penilaian
·
Kliping
tentang berbagai makluk hidup khas daerah
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 3
jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami
manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam
Dunia
Tumbuhan
dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu
menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendiskripsikan
ciri umum dunia tumbuhan
·
Menyusun
klasifikasi dunia tumbuhan
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
·
Menggambar
struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
·
Menggambar
siklus hidup tumbuhan lumut
·
Mengumpulkan
informasi tentang peranan lumut bagi manusia
II.
Materi Ajar
·
Ciri
umum dunia tumbuhan
·
Klasifikasi
tumbuhan
·
Ciri-ciri dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
·
Klasifikasi
tumbuhan lumut (Bryophyta)
·
Siklus
hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
·
Peranan
Bryophyta bagi manusia
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji
·
Menggambar
struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan spermatophyta
|
·
Diskusi
mendeskripsikan ciri tumbuhan paku
|
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
bersama siswa berdiskusi tentang dunia
tumbuhan (Plantae).
·
Guru
membagi siswa menjadi enam kelompok.
·
Guru
memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru
bersama siswa menyiapkan lumut segar).
·
Guru
meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan
8.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
mengamati tumbuhan lumut secara berkelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 4 (1 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru
memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B. Kegiatan
inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan
akhir (5 menit)
·
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku
Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
·
Spesimen
tumbuhan lumut
·
Loupe
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu :
3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami
manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3
Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi
kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu
menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Mengklasifikasikan
tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Menggambar
struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
·
Menggambar
siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Mengumpulkan
informasi tentang peranan paku (Pteridophyta)
bagi manusia
II.
Materi Ajar
·
Ciri-ciri
tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Klasifikasi
tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Struktur
tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Siklus
hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Peranan
tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan
ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
|
·
Menggambar
struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
|
·
Siswa
dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
membagi siswa menjadi enam kelompok.
·
Guru
memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama
siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
·
Guru
meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan
8.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
mengamati tumbuhan paku secara
berkelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku
berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 6 (1 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal
·
Guru
menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan
Akhir
·
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku
Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
·
Spesimen
tumbuhan paku
·
Loupe
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 7
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam
Dunia
Tumbuhan dan
peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan
tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·
Mengklasifikasikan
tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·
Menggambar
struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
·
Menentukan
nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
·
Mengumpulkan
informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia
II.
Materi Ajar
·
Ciri-ciri
tumbuhan berbji (Spermatophyta)
·
Klasifikasi
tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·
Struktur
tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·
Peranan
tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi
manusia
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan
ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
|
·
Menggambar
struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
|
·
Siswa
dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
bagi manusia
|
IV.
Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
·
Guru
meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing
kelompok. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat / Bahan/ Sumber
·
Buku
Kerja Biologi, Esis
·
Buku
Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
·
Spesimen
tumbuhan berbiji
·
Loupe
VI.
Penilaian
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam
Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan
ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
ciri umum dunia hewan
·
Menjelaskan
dasar klasifikasi dunia hewan
·
Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam
dunia hewan
·
Mendeskripsikan
ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan
II.
Materi Ajar
·
Ciri
umum dunia hewan
·
Dasar
klasifikasi dunia hewan
·
Klasifikasi
dunia hewan
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
beberapa contoh kelas hewan
|
·
Membandingkan
ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya
|
·
Siswa
dapat Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
|
IV.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri
masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Siswa
mengumpulkan tabel hasil perbandingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
menyimpulkan ciri umum dunia hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 10 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal
·
Guru
meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan
pengamatan arthropoda
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mencatat hasil pengamatan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
menyusun laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan Akhir
·
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan pengamatan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat / Bahan/ Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku
Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
·
Belalang,
laba-laba, udang dan lipan/kelabang
·
Loupe
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 11 dan 12
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 4. Menganalisis
hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia
dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.1.Mendeskripsikan peran komponen
ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen
ekosistem bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ruang
lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan
materi dalam ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendefinisikan
pengertian ekologi sebagai ilmu
·
Membedakan
pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor
biotik, faktor abiotik
·
Mengidentifikasi
berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·
Menghubungkan
pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus
materi, dan daur energi
·
Mengambarkan
bagan/skema daur biogeokimia
II.
Materi Ajar
·
Pengertian
ekologi sebagai ilmu
·
Ekosistem
dan komponen penyusunnya
·
Pengelompokan
komponen biotik berdasarkan fungsinya
·
Tingkat
organisasi komponen biotik dalam ekosistem
·
Berbagai
interaksi dalam ekosistem
·
Rantai
makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
·
Aliran
energi dan siklus materi dalam ekosistem
·
Daur
biogeokimia
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan
struktur keilmuan Biologi
·
Menemukan
contoh komponen biotik dan abiotik
·
Menemukan
contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di
lingkungan sekitar
·
Menemukan
ekosistem dan batas-batasnya
·
Menemukan
adanya interaksi dalam ekosistem
|
·
Diskusi
ruang lingkup ekologi sebagai ilmu
·
Mengamati
komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya
·
Mengamati
interaksi yang terjadi dalam ekosistem
|
·
Siswa
dapat Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·
Siswa
dapat Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi,
komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 11 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan
lingkungannya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
membagi kelas menjadi enam kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
B.
Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan
Kegiatan 10.1. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 12 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam
ekosistem. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring
makanan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur
biogeokimia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi
dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku
Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
·
Ekosistem
yang ada di sekitar sekolah
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 13 dan 14
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis
hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi
Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan
manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian
lingkungan
4.3 Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan : Siswa mampu
menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan
pelestarian lingkungan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengidentifikasi
berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·
Mengidentifikasi
berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·
Meneliti
pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·
Menyimpulkan
pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·
Menjelaskan
dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·
Mendeskripsikan
upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·
Mengetahui
penanganan limbah dengan cara daur ulang
II.
Materi Ajar
·
Keseimbangan
lingkungan
·
Aktivitas
manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·
Beberapa
bahan pencemara dan dampaknya
·
Upaya
pencegahan pencemaran lingkungan
·
Penanganan
limbah dengan cara daur ulang
III.
Metode Pembelajarn
·
Pengamatan
– Eksperimen – Diskusi – Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengidentifikasi
tujuan berbagai aktivitas manusia
·
Mengidentifikasi
dampak berbagai aktivitas manusia
·
Meneliti
pengaruh zat pencemar terhadap organisme
·
Mengidentifikasi
dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan
|
·
Dikusi
pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan
·
Diskusi
tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya
·
Melakukan
eksperimen tentang pencemaran
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·
Siswa
dapat Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·
Siswa
dapat Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·
Siswa
dapat Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·
Siswa
dapat Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang
|
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari
aktivitas tersebut.
·
Guru
dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.
Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan
lingkungan.
·
Guru
bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
·
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan
dampaknya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.
Pertemuan 14 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
·
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan
menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B Kegiatan
inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
:
·
Siswa
menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
membuat perlakuan eksperimen.
·
Siswa
melakukan pengamatan.
·
Siswa
menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan
akhir (15 menit)
·
Guru
menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan
produk-produk hasil daur ulang limbah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan
Kegiatan 11.3. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku
Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
·
Beberapa
aktivitas manusia
·
Bahan
untuk daur ulang kertas
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil eksperimen
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
No comments:
Post a Comment