Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI
(Sebelas)/ 1
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
1. Memahami
struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar
: 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur
dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Tujuan : 1. Siswa mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan,
mengamati, dan menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
2.
Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel
mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel
eukariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Membuat
preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·
Menggambar
struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·
Membandingkan
struktur sel hidup dan sel mati
·
Membandingkan
struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·
Menjelaskan
struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·
Mendeskripsikan
perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik
II. Materi Ajar
·
Struktur sel dan fungsi sel meliputi,
1.
Membran sel
2.
Sitoplasma
3.
Inti sel
·
Perbedaan
sel hewan dan sel tumbuhan
·
Sel
prokariotik dan sel eukariotik
III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-diskusi-penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
struktur sel hewan dan sel tumbuhan
|
·
Membuat
peta konsep sel
·
Membuat
preparat pengamatan mikroskopis sel
·
Menggunakan
mikroskop untuk pengamatan sel
·
Menggambar
sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis
·
Membedakan
struktur sel hidup dan sel mati
·
Membedakan
struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·
Menentukan
nama bagian-bagian sel hasil
pengamatan mikroskopis
|
·
Siswa
dapat Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·
Siswa
dapat Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·
Siswa
dapat Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·
Siswa
dapat Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·
Siswa
dapat Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam
pembelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel.
·
Guru
meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan menggunakan Kegiatan 1.3 dan 1.4.
B.
Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel tumbuhan dan
sel hewan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa membuat preparat sel tumbuhan kemudian mengamati
di bawah mikroskop(nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di bawah mikroskop. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
membuat laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat diamati dengan menggunakan
mikroskop cahaya dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan
hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 2 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.
B.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel gabus. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
diminta memberi nama bagian-bagian sel hewan dan tumbuhan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
menunjukkan gambar sel bakteri. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel bakteri. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan
Akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel hewan dan sel
tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
V. Alat/Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2A, Ign Khristiyono, Esis
·
Buku
Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1
·
Mikroskop
·
Lembar
Kegiatan 1.3 dan 1.4
VI. Penilaian
·
Laporan
hasil pengamtan sel
·
Uji
kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP NIP.
No comments:
Post a Comment