Wednesday, July 13, 2016

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 1 dan 2
Alokasi Waktu           : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar    :  1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Tujuan                       : 1.   Siswa mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, mengamati, dan menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
                                       2.   Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel eukariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·         Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·         Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·         Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·         Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·         Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik

II.  Materi Ajar
·         Struktur sel dan fungsi sel meliputi,
1.      Membran sel
2.      Sitoplasma
3.      Inti sel
·         Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
·         Sel prokariotik dan sel eukariotik


III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-diskusi-penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·  Membuat peta konsep sel
·  Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel
·  Menggunakan mikroskop untuk pengamatan sel
·  Menggambar sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis
·  Membedakan struktur sel hidup dan sel mati
·  Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·     Menentukan nama  bagian-bagian sel hasil pengamatan mikroskopis
·     Siswa dapat Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·     Siswa dapat Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·     Siswa dapat Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·     Siswa dapat Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·     Siswa dapat Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·     Siswa dapat Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pembelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel.
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan menggunakan Kegiatan 1.3 dan 1.4.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel  tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa  membuat preparat sel tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di bawah mikroskop. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. 
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·        Guru menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel gabus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa diminta memberi nama bagian-bagian sel hewan dan tumbuhan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Guru menunjukkan gambar sel bakteri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·        Siswa diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel bakteri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·        Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·        Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1
·         Mikroskop
·         Lembar Kegiatan 1.3 dan 1.4
VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamtan sel
·         Uji kompetensi tertulis



                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           

NIP                                                                                         NIP. 

No comments:

Post a Comment