SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XII/ II
Alokasi Waktu : 8 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami
Teori Evolusi Serta Implikasinya Pada Salingtemas
Kompetensi Dasar
|
Kompetensi Sebagai Hasil Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1 Menjelaskan teori,
prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
4.2 Mengkomunikaskan hasil
studi evolusi biologi
4.3 Menjelaskan
kecenderungan baru tentang teori evolusi
|
·
Menemukan adanya gejala keanekaragaman
·
Menyusun hipotesis asal terbentuknya keanekaragaman
hayati
·
Menggambar skema teori evolusi Darwin
·
Menghubungkan penemuan hukum hereditas, substansi
genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin
·
Menjelaskan mekanisme seleksi alam dengan menggunakan
kasus Beston betularia
·
Menjelaskan berbagai bukti evolusi
·
Membuat skema percobaan untuk membuktikan evolusi
biologi dan kimia
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru
tentang teori evolusi
|
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Hipotesis asal-usul kehidupan
·
Teori evolusi Darwin
·
Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·
Teori evolusi biologi dan kimia
·
Hukum Hardi-Weinberg
·
Mutasi DNA dan dampaknya
·
Teori evolusi netral
·
Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi
|
·
Membaca buku untuk menyusun peta konsep
·
Diskusi teori keanekaragaman makhluk hidup
·
Diskusi pertentangan teori Abiogenesis dan Biogenesis
·
Diskusi memahami teori evolusi
·
Diskusi percobaan Harold Urey
·
Diskusi hukum Hardy-Weinberg
·
Menonton VCD tentang evolusi
·
Diskusi pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam
·
Diskusi teori evolusi, netral
|
·
Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal-usul
kehidupan
·
Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin
·
Menujukkan bukti-bukti evolusi
·
Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari munculnya
teori evolusi biologi dan kimia
·
Menerapkan hukum Hardy-Weinberg
·
Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·
Menjelaskan teori evolusi netral
|
· Jenis tagihan:
1.Uji kompetensi
· Bentuk instrumen:
1.Soal uji kompetensi tertulis
· Jenis tagihan:
1.Uji kompetensi
· Bentuk instrumen:
1.Soal uji kompetensi tertulis
·
Jenis tagihan
Uji Kompetensi
·
Bentuk instrumen
Soal tes tertulis
|
2 X 45 menit
4 X 45 menit
2 X 45 menit
|
·
Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa
IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
·
Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa
IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
·
VCD tentang evoluis
·
Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa
IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
|
Mengetahui 2011
Kepala Sekolah Guru
NIP.
19610910198103 2 004 NIP.
SILABUS KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Tingkat Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas /
Semester : XII/ II
Alokasi
Waktu : 8 × 45 Menit
Standar
Kompetensi : 5. Memahami Prinsip-Prinsip Dasar Berteknologi
Serta Implikasinya Pada Salingtemas
Kompetensi Dasar
|
Kompetensi
Sebagai Hasil Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
5.1 Menjelaskan arti,
prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
5.2 Menjelaskan dan
menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada
salingtemas
|
·
Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses
bioteknologi tradisional
·
Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam bioteknologi
·
Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan
produknya
·
Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan dampaknya
|
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Pengertian bioteknologi
·
Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
·
Rekayasa genetika
·
Tanaman transgenik dan dampaknya
|
·
Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern
·
Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi
·
Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA
·
Diskusi Salingtemas
·
Membuat kliping
|
·
Menjelaskan pengertian bioteknologi
·
Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·
Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·
Membuat produk bioteknologi tradisional
·
Mengekstraksi DNA
·
Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa
genetika dan dampaknya
·
Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika
|
·
Jenis tagihan:
1.
Laporan hasil kegiatan
2.
Uji Kompetensi
·
Bentuk instrumen:
1.
Lembar penilaian laporan
2.
Soal uji kompetensi tertulis
·
Jenis tagihan
1.Tugas fiksi ilmiah
2.Laporan diskusi
salingtemas
·
Bentuk instrumen:
1. Lembar penilaian
makalah
|
6 X 45 menit
2 X 45 menit
|
·
Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja
siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
·
Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa
IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
|
Mengetahui 2011
Kepala Sekolah Guru
NIP.
19610910198103 2 004 NIP.
No comments:
Post a Comment