Tuesday, July 12, 2016

CONTOH SILABUS BIOLOGI

SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :  
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XII/ II
Alokasi Waktu                        : 8 × 45 Menit
Standar Kompetensi   : 4. Memahami Teori Evolusi Serta Implikasinya Pada Salingtemas

Kompetensi Dasar

Kompetensi Sebagai Hasil Belajar

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi


Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

4.1     Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi













4.2     Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi













4.3     Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi


·    Menemukan adanya gejala keanekaragaman
·    Menyusun hipotesis asal terbentuknya keanekaragaman hayati
·    Menggambar skema teori evolusi Darwin
·    Menghubungkan penemuan hukum hereditas, substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin


·    Menjelaskan mekanisme seleksi alam dengan menggunakan kasus Beston betularia
·    Menjelaskan berbagai bukti evolusi
·    Membuat skema percobaan untuk membuktikan evolusi biologi dan kimia



·    Mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi




Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan






Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan





Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan


Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil











Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil











Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil





·    Hipotesis asal-usul kehidupan
·    Teori evolusi Darwin














·    Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·    Teori evolusi biologi dan kimia
·    Hukum Hardi-Weinberg






·    Mutasi DNA dan dampaknya
·    Teori evolusi netral
·    Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi


·      Membaca buku untuk menyusun peta konsep
·      Diskusi teori keanekaragaman makhluk hidup
·      Diskusi pertentangan teori Abiogenesis dan Biogenesis
·      Diskusi memahami teori evolusi



·      Diskusi percobaan Harold Urey
·      Diskusi hukum Hardy-Weinberg
·      Menonton VCD tentang evolusi








·      Diskusi pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam
·      Diskusi teori evolusi, netral



·      Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal-usul kehidupan
·      Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin










·      Menujukkan bukti-bukti evolusi
·      Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·      Menerapkan hukum Hardy-Weinberg




·      Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·      Menjelaskan teori evolusi netral


·       Jenis tagihan:
1.Uji kompetensi
·       Bentuk instrumen:
1.Soal uji kompetensi tertulis











·       Jenis tagihan:
1.Uji kompetensi
·       Bentuk instrumen:
1.Soal uji kompetensi tertulis









·    Jenis tagihan
Uji Kompetensi
·    Bentuk instrumen
Soal tes tertulis

2 X 45 menit

















4 X 45 menit
















2 X 45 menit


·    Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis








·    Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
·    VCD tentang evoluis


·    Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis


Mengetahui                                                                                                                   2011
Kepala Sekolah                                                                                                           Guru




NIP. 19610910198103 2 004                                                                                     NIP.  



SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tingkat Satuan Pendidikan          :  

Mata Pelajaran                            : Biologi

Kelas / Semester                           :  XII/ II
Alokasi Waktu                              :  8 × 45 Menit
Standar Kompetensi                     : 5. Memahami Prinsip-Prinsip Dasar Berteknologi Serta Implikasinya Pada Salingtemas

Kompetensi Dasar

Kompetensi Sebagai Hasil Belajar

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

5.1    Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi















5.2    Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada salingtemas


·   Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses bioteknologi tradisional
·   Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam bioteknologi









·   Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan produknya
·   Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan dampaknya




Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan







Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan


Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil












Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil




·   Pengertian bioteknologi
·   Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
·   Rekayasa genetika












·   Tanaman transgenik dan dampaknya









·   Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern
·   Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi
·   Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA





·   Diskusi Salingtemas
·   Membuat kliping





·      Menjelaskan pengertian bioteknologi
·      Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·      Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·      Membuat produk bioteknologi tradisional
·      Mengekstraksi DNA


·      Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
·      Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika

·   Jenis tagihan:
1. Laporan hasil kegiatan
2. Uji Kompetensi
·   Bentuk instrumen:
1.          Lembar penilaian laporan
2.          Soal uji kompetensi tertulis






·   Jenis tagihan
1.Tugas fiksi ilmiah
2.Laporan diskusi salingtemas
·   Bentuk instrumen:
1. Lembar penilaian makalah

6 X 45 menit


















2 X 45 menit








·   Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·   Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis








·   Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·   Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis


Mengetahui                                                                                                                   2011
Kepala Sekolah                                                                                                           Guru





NIP. 19610910198103 2 004                                                                                     NIP.  

No comments:

Post a Comment