RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.1
Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Tujuan : Siswa dapat memahami ciri-ciri
virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menggambar
struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri virus
·
Membandingkan
ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
·
Menggambar
skema reproduksi virus
·
Mengidentifikasi
peran virus bagi manusia
·
Membuat
kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
II.
Materi Ajar
·
Prinsip
dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·
Ciri-ciri virus meliputi:
1. Ciri benda mati virus
2. Ciri hidup virus
·
Struktur
tubuh virus
·
Cara
reproduksi virus
·
Peran
virus bagi manusia meliputi:
1. Peran yang menguntungkan
2. Peran yang merugikan
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menggambar
struktur virus berdasarkan foto ultra mikroskopis
·
Memberi
nama bagian-bagian tubuh virus
|
·
Mengumpulkan
informasi peran virus bagi manusia
·
Membuat
kegiatan tentang virus
|
·
Siswa
dapat Menyimpulkan prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
B.
Kegiatan
inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
menanyakan sejarah penemuan virus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto
ultramikroskopis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1). (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa menggambar skema reproduksi virus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang
disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat/Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IA, Esis
·
Buku
Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab II dan III
·
Foto
ultramikroskopis virus
·
Berbagai
informasi tentang penyakit yang disebabkan virus
VI.
Penilaian
·
Uji
kompetensi tertulis
·
Hasil
kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4
jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria
dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu memahami prokariot yang
meliputi struktur, fungsi tubuh,
klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan
pengertian prokariotik
·
Menggambarkan
berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
·
Memberi
keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·
Membedakan
struktur Eubakteria dan Archeobacteria
·
Mendeskripsikan
peran bakteri bagi manusia
II.
Materi Ajar
·
Pengertian
prokariot
·
Ciri-ciri
Eubacteria
1.
Bentuk
sel dan kloloni Eubacteria
2.
Sturktur
sel Eubacteria
3.
Cara
hidup Eubacteria
4.
reproduksi
bakteri
·
Klasifikasi
Eubacteria
·
Perbedaan
Archaeobacteria dan Eubacteria
·
Contoh-corntoh
Archaeobacteria
·
Peranan
bakteri bagi manusia
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi-Penugasan-Pengamatan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menggambar
sel bakteri berdasarkan pengamatan mikroskopis
|
·
Membuat
tabel perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria
|
·
Siswa
dapat Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria
|
IV.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan
yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan
menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
mengembalikan alat dan bahan pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
menyusun laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 6 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru
menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
·
Guru
dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
·
Guru
dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B.
Kegiatan
inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan
4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
VI. Alat/Bahan/Sumber
·
Buku kerja Biologi 1A, Esis
·
Buku Biologi , SMA Kelas X, Esis, Bab IV
·
Biakan bakteri
·
Air kolam
·
Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
VII. Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan bakteri
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 4
jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom
Protista dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan :
Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan Protista bagi manusia.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai
jamur.
·
Mengelompokkan
contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
·
Mengidentifikasi
Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.
II.
Materi Ajar
·
Ciri-ciri
Protista meliputi:
1.
Protista
yang meyerupai tumbuhan
2.
Protista
yang menyerupai hewan
3.
Protista
yang menyerupai jamur
·
Peranan
protista bagi manusia meliputi:
1.
Peranan
yang menguntungkan
2.
Peranan
yang merugikan
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi
- Penugasan - Pengamatan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
jenis-jenis Protista dengan menggunakan mikroskop
·
Menggunakan
mikroskop
·
Membuat
preparat
·
Menggambar
Protista berdasarkan hasil pengamatan -pengamatan Protista
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri Protista
·
Megenlompokkan Protista berdasarkan ciri yang dapat
diamati
·
Mengumpulkan
informasi tentang Protista
|
·
Praktikum
pengamatan Protista yang hidup di air kolam
·
Diskusi
untuk mendeskripsikan ciri-ciri Protista
·
Diskusi
tentang klasifikasi Protista yang diamati
·
Tugas
mengumpulkan informasi tentang protista
|
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai
tumbuhan, dan menyerupai jamur
·
Siswa
dapat Mengelompokkan contoh Protista yang diamati
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
·
Guru
mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan
prokariot.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan
menggunakan Kegiatan 5.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
membuat laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 8 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B.
Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan,
dan jamur. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan
jamur. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan
Kegiatan 5.3. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku kerja Biologi 1A, Esis
·
Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab V
·
Air kolam
·
Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
·
Berbagai informasi tentang Protista dari
berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)
VI. Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan Protista
·
Makalah
kajian Protista
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4
jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan
jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur
serta peranannya bagi kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri
jamur, mengklasifikasikan jamur, dan
peranan jamur bagi manusia
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri jamur
·
Mendeskripsikan
cara jamur memperoleh makanan
·
Membedakan
spora aseksual dan seksual
·
Memberikan
alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
·
Membuat
produk makanan yang menggunakan jamur
II. Materi Ajar
·
Ciri-ciri
jamur meliputi:
1. Ciri struktur
2. Cara hidup
·
Macam-macam
spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1. Spora aseksual
2. Spora seksual
·
Klasifikasi
jamur
·
Peranan
jamur bagi manusia
·
Proses
produksi yang memanfaatkan jamur
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi
– Pengamatan – Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
struktur jamur
·
Menggambar
struktur tubuh jamur
·
Mengelompokkan
jamur
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri jamur
·
Membuat
produk makanan menggunakan jamur
|
·
Praktikum
pengamatan jamur
·
Menggambar
struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan
·
Diskusi
sturktur tubuh jamur berdasarkan hasil pengamatan
·
Surevi/kunjungan
ke lokasi produksijamur misalnya pabrik tempe, oncom, dll
|
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
·
Siswa
dapat Membedakan spora aseksual dan seksual
·
Siswa
dapat Memberikan alassan pemisahan
jamur dari tumbuhan dalam kalsifikasinya
·
Siswa
dapat Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang menggunakn jamur
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal
siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa
dengan menggunakan Kegiatan 6.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
membuat laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 10 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum
jamur.
B.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing
divisi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya
tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku kerja Biologi 1A, Esis
·
Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VI
·
Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar
siswa
·
Bahan-bahan pembuat tempe atau tape
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan jamur
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
No comments:
Post a Comment